Studi Banding ke Subang, DPRD Sumedang Terinpirasi Bangun PLUT

PLUTSUBANG.com, Subang – Ingin mempelajari terkait pengembangan UMKM di Kabupaten Subang, Senin (21/1/2019) DPRD Kabupaten Sumedang melaksanakan studi banding ke DPRD Kabupaten Subang.

Diterima di ruang komisi II DPRD Subang, para anggota DPRD Sumedang disambut oleh perwakilan Komisi II DPRD Subang H. Lutfi Isror Alfaroby. Dalam sambutannya, Lutfi mengungkapkan berbagai potensi ekonomi yang dimiliki kabupaten Subang kepada para anggota DPRD Kabupaten Sumedang. Subang kata Lutfi,memiliki topografi yang lengkap mulai dari laut hingga pegunungan yang di dalamnya merupakan potensi SDA yang dimanfaatkan untuk perekonomian masyarakat termasuk para UKM.

Ketua Komisi II DPRD Sumedang Dadang Romansah mengatakan maksud kunjungannya beserta rombongan ke Subang adalah untuk belajar terkait pengembangan UMKM di Subang.

“Saya melihat pengembangan UMKM di Kabupaten Subang sudah cukup baik, sehingga merasa perlu untuk melakukan studi banding ke Subang,” katanya.

Dalam kesempatan tersebut, mereka menerima paparan dari UPTD PLUT KUMKM Subang. Mewakili PLUT KUMKM Subang H. Susani M. Syafrudin mengatakan PLUT KUMKM Subang merupakan salah satu PLUT yang ada di Indonesia.

“Alhamdulillah di Subang sudah memiliki PLUT. Baru 4 Kabupaten di Jawa Barat yang sudah memiliki PLUT, salah satunya Subang” ujarnya.

Pendamping PLUT KUMKM Subang, Sandi Hallymansyah dalam kesempatan tersebut memaparkan mengenai kinerja PLUT KUMKM Subang. Sandi menjelaskan, dalam operasionalnya PLUT KUMKM Subang berupaya mensinergikan 5 unsur pentahelix dalam pengembangan UMKM, yaitu Akademisi, Bisnis, Pemerintah, Komunitas dan Media.

“Layanan kami gratis, diantaranya kami sudah memberikan 500 desain label kemasan dan ratusan foto produk secara gratis kepada UKM,” ujar Sandi.

Dalam kesempatan tersebut anggota DPRD Sumedang juga ingin mempelajari terkait pengolahan komoditas unggulan seperti nanas di Subang yang sudah dijadikan berbagai produk turunannya.

Terkait hal ini pendamping PLUT lainnya, Budiana Yusuf mengungkapkan, PLUT bersinergi dengan PPTTG-LIPI yang ada di Subang.

“LIPI memiliki banyak teknologi pengolahan berbagai produk pertanian yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, saya sarankan Pemkab Sumedang untuk bisa bersinergi dengan PPTTG-LIPI, ” katanya.

Medengar penjelasan dari pendamping PLUT KUMKM Subang, Ketua Komisi II DPRD Sumedang Dadang Romansah mengaku terinspirasi dan akan mengupayakan untuk membangun PLUT serupa di Sumedang.

 

Tinggalkan Balasan