Ragam Snack (Abon Oncom)

IMG_20151215_094522_HDR

Kabupaten Subang memang kaya dengan kuliner khasnya. Daerah Dawuan misalnya, sudah sejak lama daerah ini dikenal dengan oncomnya yang khas. Berbeda dengan produksi daerah lain, oncom “asli” Dawuan biasanya memiliki kandungan kacang tanah yang tinggi. Hal ini lah yang membuat oncom Dawuan berkualitas tinggi dan memiliki cita rasa yang khas sehingga banyak digemari.
Namun karena tidak tahan lama dan tidak praktis untuk dibawa, oncom Dawuan jarang dijadikan buah tangan, padahal banyak dari pendatang yang ingin menjadikannya oleh-oleh dan banyak pula orang Subang dirantau yang rindu cita rasa oncom Dawuan yang khas.
Melihat potensi daerahnya tersebut pada tahun 2013, Anomih, pemilik UKM Ragam Snack mencoba berinovasi membuat produk berbahan dasar oncom Dawuan. Setelah berulang kali melakukan uji coba akhirnya ia berhasil membuat abon berbahan dasar oncom tersebut.
Abon yang diberi label “Lalada” ini terbuat dari oncom Dawuan kualitas terbaik diramu dengan irisan daun jeruk dan berbagai rempah-rempah sehingga memiliki cita rasa yang khas. Nama Lalada menunjukkan rasa dari abon oncomnya yang sedikit pedas.
Kini ia telah mebuat 3 varian rasa abon oncom yaitu original, pedas manis dan pedas manis sedang. Cita rasa yang unik dengan kemasan menarik membuat abon oncom Lalada cocok di jadikan oleh-oleh khas dari Dawuan, Subang. Kini selain dipasarkan di Subang abon oncom Lalada juga sudah dipasarkan hingga ke Bandung dan Jakarta.
Selain membuat abon oncom Anomih juga membuat nastar dengan karakter kartun dan sistik aneka rasa. Nastar dengan berbagai bentuk kartun lucu berwarna-warni menarik perhatian anak-anak kecil untuk mengkonsumsinya. Sistik berbagai rasa yang diproduksinya dikemas apik sehinggan tampak menarik.

Tinggalkan Balasan