PLUT Subang Dukung Acara Parade Produk UKM Wanita yang Diselenggarakan Dekopinda Subang

PLUTSUBANG.com, Subang – Usaha Mikro Kecil dan Menengah dan  merupakan salah satu penggerak utama perekonomian nasional. Tidak mengherankan jika sektor UMKM terganggu maka ekonomi nasional juga akan terganggu. Termasuk dalam kondisi saat ini. Pandemi  telah mengakibatkan penurunan produktivitas UMKM yang berimbas pada penurunan perekonomian nasional.

Guna membangkitkan lagi UMKM di Kabupaten , Dekopinda Subang menggelar acara bersama ibu-ibu Forkopimda Kabupaten Subang dengan tema “Wanita Produktif Ekonomi Bangkit”, Kamis (15/4/2021) di Graha Sofia Kabupaten Subang. PLUT KUMKM Subang turut berpartisipasi dalam acara diisi dengan parade produk UMKM wanita, bincang-bincang dengan ibu-ibu Forkopimda dan belanja menggunakan aplikasi icalan.id. Dalam kesempatan tersebut ibu  mencoba melakukan transaksi pembelian produk UMKM melalui aplikasi icalan.id dalam acara yang ditayangkan juga secara LIve Streaming di channel Youtube Kota Subang.

Ketua Dekopinda Kabupaten Subang H. Daeng Makmur Thahir mengungkapkan acara ini bertujuan untuk meningkatkan  agar bisa naik kelas salah satunya dengan berkolaborasi.

“Tujuan kita bagaimana  Kabupaten Subang ini bisa naik kelas. Untuk itu pengusaha wanita ini harus gaul. Harus berkolaborasi seperti acara hari ini. Sekarang pendapatan UKM sedang turun tapi ASN, TNI Polri kan gajinya tetap. Kita dorong para pegawai negeri ini untuk belanja produk UKM sebanyak mungkin agar mereka bangkit,” tegasnya.

H. Daeng juga berharap dukungan dari Forkopimda agar melibatkan UMKM dalam berbagai kegiatan di instansinya masing-masing.

“Kami mohon kepada ibu-ibu Forkopimda kalau ada kegiatan-kegitan seperti ulang tahun atau kreamaian di masing-masing instansi jangan lupa UKM dilibatkan,”ungkapnya.

H. Daeng juga mengungkapkan selain perlu berkolaborasi UMKM juga harus terus meningkatkan inovasi dan kreativitas agar cepat naik kelas.

 

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perdagangan dan Perindustrian Kabupaten Subang H. Dadang Kurnianudin dalam sambutannya.

“Mudah-mudahan acara ini menjadi titik kebangkitan dari UMKM Kabupaten Subang. KIta sedang berupaya untuk bagaimana memobilisasi pegawai negeri, kepolisian, TNI, untuk menyerap pasar dari UMKM. Kita sedang mintakan ijin pak Bupati bagaimana terkait “kewajiban” seluruh instansi di kabupaten Subang untuk membeli produk UMKM dalam setiap  atau mewajibkan stafnya untuk belanja UKM minimal 50 ribu saja,” ujarnya.

Dadang menambahkan, di Subang ada sekitar 18000 ASN, jika semua bekanja Rp. 50 ribu saja produk UKM, maka omzet penjualan UKM tentunya akan meningkat.

Dadang juga menghimbau kepada para UKM untuk memanfaatkan teknologi dalam pemasaran produk saat ini.

“Mudah-mudah UKM Subang juga naik kelas dalam melek teknologi. Kita manfaatkan teknologi yang ada untuk menunjang produktivitas UMKM, salah satunya melalui icalan,id ini,” katanya.

Tinggalkan Balasan