Mugiri

Mugiri, nama air tejun di desa Cikujang kecamatan Serang Panjang ini kini dijadikan merek tas outdoor yang diproduksi warga setempat, Hun Hun AAHunaedi. Mulai dari tas sepeda hingga tas carrier atau tas gunung produksi Cikujang ini mampu bersaing dengan produk-produk ternama lainnya yang ada di pasaran. Hun Hun juga memproduksi berbagai variasi tas kerja dan tas sekolah yang sudah dipasarkan ke Jakarta dan Bandung.
Selain memproduksi tas dengan mereknya sendiri dirinya juga menerima makloon pembuatan tas dari pengusaha tas dengan merek ternama. Dirinya juga kerap menerima pesanan tas seragam dari berbagai perusahaan atau instansi pemerintah.
Banyaknya pesanan membuatnya kewalahan, sehingga ia dibantu beberapa orang karyawan. Selain dikerjakan di Subang bersama beberapa tetangga sebagai karyawannya, pesanan tas juga dikerjakan oleh karyawan yang juga saudaranya di Garut.
Awal terjun di bisnis tas, Hun Hun mengaku belajar secara otodidak. Awalnya ia mulai belajar membuat tas ketika kakaknya yang memiliki toko perlengkapan TNI di Bandung merintis pembuatan ransel TNI. Hun Hun kemudian membeli mesin jahit kecil untuk belajar membuat tas dengan mencontoh ransel TNI yang dijual di toko kakaknya tersebut.
Ia kemudian mencoba membuat tas menggunakan bahan-bahan sisa dari kakaknya. Hasilnya, tas buatannya tersebut ternyata laku dipasaran. Akhirnya ia memberanikan diri membeli bahan dari Cigondewah untuk membuat tas dalam jumlah banyak hingga saat ini.

Alamat : Kp. Arjasari RT 12 / 04 Desa Cikujang, Kec. Serangpanjang, Kab. Subang
Telp : 0813 2077 9910

Tinggalkan Balasan