Gandeng PLUT Subang, PT Dahana Gelar Pelatihan E-Commerce Bagi UKM Mitra Binaannya

PLUTSUBANG.com, Subang – Unit PKBL PT DAHANA (Persero) menggelar pelatihan E-commerce dan Pembukuan untuk pelaku usaha UMKM yang sudah tergabung kedalam Mitra Binaan Dahana.  Bekerja sama dengan Pusat Layanan Usaha Terpadu Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (PLUT KUMKM) Kabupaten Subang, pelatihan diselenggarakan pada hari Kamis, 19 Desember 2019 di Gedung Diklat Kampus Dahana dan diikuti oleh puluhan peserta yang merupakan Mitra Binaan Dahana.

Pelatihan dibuka oleh Direktur Keuangan & SDM PT DAHANA (Persero) Asmorohadi. Dalam sambutannya, Asmorohadi berharap semoga pelatihan ini bisa mengembangkan usaha para Mitra Binaan Dahana.

“Silahkan manfaatkan pelatihan yang kami adakan, pelajari sebaik mungkin apa yang pemateri sampaikan. Semoga dengan diadakannya pelatihan ini, usaha bapak dan ibu bisa berkembang pesat sehingga Dahana dan usaha bapak-ibu bisa berkembang bersama menjadi lebih baik lagi,” ujar Asmorohadi berharap.

Pelatihan sendiri dibagi menjadi tiga sesi.  Sesi pertama berupa pelatihan dasar akuntansi dan pencatatan keuangan dasar.  Sesi kedua teknik fotografi produk, dan sesi ketiga diisi materi teknik penjualan secara E-Commerce.

Pada sesi pertama dan kedua, team PLUT KUMKM memberikan pelatihan tentang dasar dasar akuntansi dan pencatatan keuangan. Dalam materinya, Dian Herdiana, S.Pt  memberikan pengarahan mengenai cara-cara pencatatan keuangan agar memudahkan para pelaku UMKM dalam pengelolaan keuangan usahanya.  Dengan pencatatan yang baik nantinya lebih mudah dalam pengawasan keluar masuknya uang modal usaha.

Memasuki sesi kedua, para peserta diajarkan mengenai teknik-teknik fotografi produk yang diajarkan oleh Budiana Yusuf, S.Tp.  Pada sesi kedua ini, para peserta begitu antusias mempelajari tentang Teknik-teknik fotografi dan diperkenankan untuk praktek langsung memfoto produknya dengan menggunakan studio mini yang sudah disediakan sebelumnya.

Budiana sendiri mengatakan bahwa fotografi produk ini sangat mempengaruhi sekali dalam penjualan terutama sebagai media promosi di sosial media atau aplikasi E-Commerce yang belakangan ini semakin marak.

“Foto produk dizaman sekarang ini lebih efektif sebagai media promosi, karena menurut penelitian, sebuah foto lebih efektif menstimulasi otak calon konsumen agar tertarik  dari pada melalui kata kata atau tulisan,” ungkap Budiana didepan para peserta pelatihan.

Sementara pada sesi terakhir,  Sandy Hallymansyah, S.Kom mengajarkan para peserta untuk memasarkan hasil produk usahanya melalui media-media E-Commerce sehingga jangkauan pemasaranya bisa semakin luas.

Moh. Faizal Fajri, salah satu peserta pelatihan berharap pelatihan ini bisa rutin diadakan, sehingga para pelaku UMKM tidak kebingungan dalam hal pemasaran produknya.

“Saya berharap pelatihan seperti ini bisa rutin dilakukan, sehingga kami para pelaku UMKM tidak kebingungan lagi memasarkan hasil produk kami.  Selama ini kami memasarkan hasil produk kami secara konvensional, semoga setelah mengikuti pelatihan ini pemasaran kami bisa semakin luas dengan melalui media promosi E-Commerce,” ungkapnya.

Pelatihan ditutup dengan pesan-pesan motivasi yang disampaikan oleh Senior Manager Legal & Komunikasi Perusahaan PT DAHANA (Persero), Yuni Agus Setiawan.  Agus berpesan kepada para peserta pelatihan untuk selalu sabar dalam mengembangkan usahanya.

“Dalam berusaha, jangan lupakan ridho dari orang tua karena dalam mencapai kesuksesan itu 99 persen bisa dicapai melalui usaha dan 1 persen lagi melalui Ridho Allah SWT.  Sedangkan Ridho Allah sendiri bisa didapat melalui Ridho orang tua kita,” ujar Yuni Agus berpesan kepada para peserta yang hadir. (rmt)

Tinggalkan Balasan