Begini Manfaat dan Cara Mengurus Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK) di Kabupaten Subang

Sesuai dengan amanat presiden melalui perpres No 98 tahun 2014 tentang izin usaha mikro kecil dan Permendagri Nomor 83 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Izin Usaha Mikro dan Kecil.yang kemudian ditindaklanjuti dengan keluarnya Keputusan Bupati Subang No 518/kep.516-dinkop/2015 tentang pendelegasian pengurusan izin usaha mikro kecil kepada camat, kini pengurusan izin usaha mikro kecil di Kabupaten Subang lebih mudah dan dekat. Para pelaku usaha mikro kecil hanya perlu mendatangi kantor kecamatan sesuai domisilinya masing-masing untuk mendapatkan surat Izin Usaha Mikro Kecil (IUMK).

Saat ini baru sebagian kecamatan di Kabupaten Subang telah siap menerbitkan IUMK, diharapkan tak lama lagi penerbitan IUMK dapat dilakukan di semua kecamatan yang ada di Kabupaten Subang.

Bagaimana mengurus IUMK?

Dalam pelaksanaannya, pelaku usaha mikro kecil dapat mengajukan permohonan IUMK dengan melampirkan berkas permohonan sebagai berikut.

1. Surat pengantar dari RT atau RW terkait lokasi usaha

2. Kartu tanda penduduk

3. Kartu Keluarga

4. Pas photo terbaru berwarna ukuran 4 x 6 cm sebanyak dua lembar

5. Mengisi formulir yang memuat tentang

  • Nama;
  • Nomor KTP;
  • NPWP
  • Nomor telepon;
  • Alamat;
  • Kegiatan usaha;
  • Sarana usaha yang digunakan;
  • Jumlah modal usaha.

Jika seluruh persyaratan sudah dipenuhi, maka camat akan mengesahkan dan menerbitkan IUMK bagi pelaku usaha yang mengajukan. Dalam mengurus IUMK ini pelaku usaha tidak dikenakan biaya atau pungutan. Namun, jika ditemukan pelanggaran yang dilakukan oleh pelaku UKM yang melanggar aturan dan aktivitas usaha tidak sesuai dengan IUMK , maka camat berhak mencabut IUMK.

Selain memperoleh surat IUMK pelaku usaha juga akan memperoleh kartu IUMK. Untuk mendapatkan kartu IUMK ini pelaku usaha dapat menghubungi BRI terdekat atau sesuai arahan kantor Kecamatan dengan membawa surat IUMK yang sudah dikeluarkan Kecamatan untuk mendapatkan kartu IUMK yang sekaligus juga dapat berfungsi sebagai ATM.

Manfaat apa saja yang didapatkan dari IUMK?

a. Lebih mudah menjalin kerja sama

Dengan memiliki IUMK maka sebuah UKM memiliki tanda legalitas resmi, sehingga dapat memberikan kepercayaan bagi rekan atau calon partner bisnisnya serta sebagai kekuatan usaha.

b. Legalitas

IUMK merupakan bentuk legalitas resmi yang mendapatkan pengakuan sah dari berbagai pihak dan dapat dipertanggungjawabkan secara hukum, dimana menunjukkan kepatuhan pelaku UKM terhadap hukum yang berlaku.

c. Sadar pajak

Mendorong para pengelola UKM untuk sadar pajak dengan membayar pajak sesuai dengan bidang usaha yang dijalankan.

d. Nilai tambah untuk akses permodalan

Salah satu dokumen yang digunakan sebagai syarat pengajuan pinjaman modal usaha di bank adalah dokumen perijinan resmi. Dan IUMK merupakan surat yang menyatakan legalitas suatu usaha. Dengan demikian maka pengusaha dapat mengajukan pinjaman dengan mudah.

e. Lokasi usaha yang terlindungi

Para pelaku UKM yang memiliki IUMK akan mendapatkan jamunan hukum, keamanan, dan perlindungan lokasi usaha.

f. Pengembangan usaha

Dengan memiliki IUMK maka pengusaha UKM akan mendapatkan pendampingan dan pengembangan usaha dari pihak yang terkait. Mereka akan mendapatkan pembedayaan dan dukungan pemerintah dalam mengikuti berbagai program UKM.

 

Foto : Penyerahan simbolis IUMK di Kabupaten Subang ketika peresmian gedung PLUT KUMKM Subang oleh Menteri Koperasi dan UKM RI

Tinggalkan Balasan